Silaturahim Rusaifah

Alhamdulillah, menjelang 5 tahun sejak kami berkumpul di Rusaifah 747, silaturahim kelompok kami masih terjalin, minimal paling cepat 3 bulan kami berkumpul.

Minggu kemaren, silaturahim di tempat kami. Alhamdulillah, jazakamullah atas kehadiran teman-teman semuanya, insyaAllah silaturahim kemaren membawa berkah dunia dan akherat, aamiin.

Silaturahim Rusaifah

Pada kesempatan kemaren, juga ada tausiyah dari ustad Pono, beliau salah satu dari kelompok Rusaifah. Subhanallah, beliau mengingatkan kembali kaidah dari Surat Al ‘Asr.

1. Demi masa
2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian,
3. Kecuali orang yang beriman dan orang-orang yang yang mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat dan menasehati supaya menetapi kesabaran.

Sungguh, bagaimana kita termasuk orang-orang yang merugi bila tidak memanfaatkan waktu kita sebaik-baiknya. Demi Masa. Pak Pono juga bercerita, bagaimana masa kecil beliau dulu, sewaktu di Madrasah setiap kali akan selesai kegiatan, ustad-ustadnya selalu membaca surat Al ‘Asr. Saat itu begitu gurunya membaca surat Al ‘Asr, pak Pono kecil selalu kegirangan karena bertanda sudah boleh pulang. Saat itu belum tahu benar apa makna pembacaan surat Al ‘Asr itu.

Kini terjawab sudah, apa makna dan kaidah dibalik pembacaan surat Al ‘Asr itu. Bahwa setiap perpisahan selalu diingatkan untuk selalu menjaga dan menggunakan waktu kita sebaik-baiknya.

Juga selalu diingatkan untuk bersyukur atas segala karunia Allah swt, nikmat Allah tiada kiranya, semisal kita sebut nikmat sehat saja, bagaimana saat sakit kita merasa tak berdaya. Oleh karena itu, rasa syukur selalu harus kita jaga di hati.

InsyaAllah silaturahim ini bisa terjaga sampai akhir hayat kami, dan dikumpulkan kami di surga bersama orang-orang yang beriman, aamiin ya robbal alaamin.

 

Leave a comment