Tentang Perlengkapan yang Dibawa

Berikut list lengkap (malah super lengkap :)). Sebenarnya tidak semuanya harus dibawa, hanya sebagai pertimbangan saja. InsyaAllah segala kebutuhan kita juga mudah didapatkan di tanah suci. Tinggal bekal Real-nya saja yang dibanyakin ;;)

Satu hal yang sangat berkesan buat saya tentang baju sehari-hari untuk beribadah di tanah suci. Saya ingat sekali perkataan bunda Ningrum, sewaktu manasik haji khusus keputrian (membahas segala hal tentang persiapan perempuan yang berhaji), untuk baju usahakan warna yang gelap, tidak menyolok dan bila memakai celana panjang atasannya yang panjang sampai lutut.

So, kecuali keperluan baju ihkrom, saya membawa baju gamis 3 buah dan semuanya warna hitam. Awal-awal memakai gamis tsb, teman-teman saya sering bertanya “belinya dimana nih ? enak nih bahannya bla bla bla”. Banyak yang mengira gamis itu saya beli di tanah suci, padahal saya bawanya dari tanah air. Dan dengan tidak saya sengaja (alhamdulillah) bahannya semua anti kerut, so saya tidak pernah setrika gamis-gamis saya tsb selama di tanah suci :D.

gamis kesayangan saya :)

Alhamdulillah, selama sehari-hari beribadah ke Masjidil haram, saya cukup memakai gamis tsb, bergo/jilbab panjang (menutupi dada) plus kaos kaki yang tidak ketinggalan. Cukup praktis menurut saya.

Tetapi, sebaik-baiknya bekal adalah bekal taqwa, amiin.

Item Jumlah Catatan

1

Alat Mandi dan Cuci
Sikat gigi

2

buah
Odol

1

buah
Shampo

20

sachet
Sabun Mandi

2

buah
Rinso

10

sachet

2

Kebutuhan Badan
Cukur Jenggot

1

buah
Blade cukur Jenggot

2

buah
Rexona

1

buah
Minyak wangi

1

buah

3

Kebutuhan Daily
Celana dalam kertas

45

buah
Handuk kecil

2

buah
Handuk Sedang

2

buah
Syal DT

1

buah dari DT
Sepatu Sandal

1

pasang dipakai
Sandal Jepit

1

pasang
Tas pinggang

1

buah dari DT
Pengait kaca mata

2

buah 1 dipakai
Sprayer

1

buah penghalau panas
Masker

6

buah
Tissue kecil

4

buah
Payung kecil

1

buah

4

Alat Tulis
Bolpoint

1

buah
Spidol

1

buah
Lakban

1

buah
Buku tulis

1

buah

5

Perlengkapan Ibadah
Al Qur’an

1

buah
Sajadah

1

buah
Sarung

2

buah
Kain Ihrom

2

stel 1 stel di tas tentengan
Baju Koko

6

buah
Tasbih

1

buah

6

Kantongan
Kantong sandal

1

buah dari DT
Kantong kresek

10

buah
Kantong batu

1

buah dari DT

7

Clothing
T-shirt berkantong

4

buah
T-shirt biasa

2

buah
Celana panjang kain putih

4

buah
Kaos panjang DT

1

buah
Kaos biasa

3

buah
Celana kain hitam

3

buah
Celana dalam

4

buah
Celana pendek

2

buah
Kaos kaki

2

buah
Sapu tangan

3

buah
Jaket

1

buah
Jaket seragam

2

buah satu dipakai
Sabuk

1

buah dipakai

8

Perlengkapan Maktab
Sendok/garpu set

1

set
Gunting

1

buah
Tali jemuran

10

meter
Steker traveling

1

buah
Steker 3 lubang

1

buah
Gelas tupperware

1

buah
Kotak tupperware

1

buah
Karet gelang

20

buah ditas pinggang
Seprei dan sarung bantal

1

set
Alat cuci

1

buah
Jepit jemuran

10

buah
Abon secukupnya
Bumbu pecel secukupnya
Kurma secukupnya
Sambel secukupnya
Kecap secukupnya
Indomie goreng secukupnya

9

Koper dan teman2nya
Kunci gembok kecil

2

buah
Kunci gembok tas pasport

2

buah
Tas rangsel

1

buah
Tas pasport

1

buah dari DT

10

Handphone
HP Startech

1

buah
Charger

1

buah
Baterai

2

buah

11

Obat-obatan
Panadol

2

buah
Stop Cold

2

buah
Diatabs

8

buah
Promag

2

pack
Obat Masuk angin

2

pack
Obat Gosok

1

buah
Handyplast

1

pack

Leave a Reply

