Tentang Makanan selama di Haram

Setiap jamaah, pastinya sebelum berangkat sudah menyiapkan rangsum bekal makanan untuk di tanah suci. Dari segi beaya, memang tentunya mengirit beaya. Pop Mie di toko kelontong di sana bisa seharga 20rb. Tapi tidak perlu khawatir tentang makanan, selama ada bekal real, InsyaAllah tidak membawa rangsum apapun juga tidak masalah :)

Selama kami di maktab di Rusaifah, kami satu kelompok bergiliran masak nasi, lauk dan sayurnya terserah masing-masing individu. Pagi hari seringkali ada ibu-ibu (orang Indo yang sudah tinggal lama di Haram) yang datang menjual sayur matang beserta lauk pauknya. Sekantong sayur (bening, sop dll) seharga 2-3 Real, bala-bala (gorengan) 2 real.

Atau mau masak sendiri juga bisa, rombongan dari Palembang yang tinggal serumah/maktab dengan kami sampai membawa colekan sambal sendiri ;)

Rice cooker prefer beli di sana patungan satu kelompok.

Atau mau makan KFC, House of Donuts, bakso juga tersedia di sekitar Haram, bahkan makanan-makanan asia juga mudah ditemukan.  Juga tentunya Kebab yang tersebar di segala penjuru di Mekah dan Madinah.

Langganan kami, kebab di bawah Hotel Hilton plus the tarik. Sungguh nikmat sarapan dengan menu ini sehabis sholat Dhuha di pelataran Haram ;) (really miss this moment)

Atau KFC, burger King atau fast food lainnya yang ada juga di bawah hotel Hilton. Harga burger King lengkap sekitar 20 Real.

Di dalam mall Zam Zam Tower juga ada food court tidak ada bedanya dengan mall-mall di Jakarta, dari Pizza Hut (walaupun rasa sedikit beda lah :D sampai KFC, Burger King bahkan Starbuck. Tapi tentu saja, makan disini lama-lama bisa menguras uang saku #-o

Ada juga bakso yang terkenal di kalangan jamaah Indonesia, bakso Doel yang letaknya tidak jauh dari masjid Kucing. Harga seporsi 4-6 Real di kala sepi (tinggal kloter2 terakhir), waktu puncak2nya bisa mencapai 10 Real seporsi.

Tempat Makan di Mekkah dan Madinah

bakso Mang Udin di dekat Masjidil Harambihun goreng, di food court samping Zam Zam Tower
Penjual Kebab dekat maktab kamiKebab yang banyak dijumpai di Haram
Bakso Udin di Madinah

Kalau mau mabit (menginap) di Haram tentunya perlu diperhitungkan beaya makan 3x. Kalau minum bisa mengambil air zam-zam yang tersedia banyak di haram.

Menurut kami, tidak perlu terlalu menghitung-hitung beaya makan ini, insyaAllah rejeki sudah ada yang mengatur, selama tidak berlebihan, insyaAllah uang saku 1500 Real (dipotong 300an real untuk dam yang mengikuti haji tamattu ) cukup untuk beaya makan selama 40 hari disana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s