Tanazul ke Mina

Sabtu, 6 Desember 2008 (8 Dzulhijah)

Sehabis sholat Isya kami bersiap-siap mandi besar untuk berniat ikhrom dan melakukan sholat sunnah ikhrom 2 rekaat (bacaannya surat Al Kafirun dan Al Ihklas).

Perlengkapan kami, tas rangsel yang berisi Al quran, baju ganti (2 stel), perlengkapan mandi, persediaan makanan kecil selama perjalanan Mina-Arafah-Muzdalifah-Mina. Yang utama adalah Kurma, sangat berkhasiat buat tenaga.

tas rangsel setia menemani tanazul kami

Tas rangsel kami kembar, gratisan dari vendor yang sama dari kantor kami masing-masing :D

Jam 21:30

Kami tanazul ke Haram, denga rute yang berbeda dengan rute tanggal 4 kemaren, lebih dekat 30 menit. Kami melewati lorong panjang menuju ke Haram.

tanazul ke Haram, sebelum ke Minatanazul ke Haram, sebelum ke Mina

Saat tanazul ini, teman dekat sekloter kami (3 pasang suami istri) tidak ikut berangkat sekarang, mereka memilih beristirahat di maktab terlebih dahulu dan baru berangkat dini hari ke Haram dengan naik taxi/ondong-ondong.

Gema takbir dan takmid tak henti-hentinya kami lantumkan. Pada kondisi ini kami sudah berpakaian ikrom. Suami selama perjalanan membawa bendera kotak-kotak putih hitam (sama dengan syal yang kami pakai) tanda rombongan kloter kami (selama di Haram, semua bendera identitas biro perjalanan haji tidak diperkenankan dipasang, biasanya hanya bendera Merah Putih dan bendera-bendera tanda kloter masing-masing). Kami juga membawa tas rangsel di punggung masing-masing berisi perbekalan kami selama 5 hari puncaknya haji.

Rute yang kami ambil memang lebih dekat, 1,5 jam sampai, tapi medannya naik turun …. hanya dengan keikhlasan dan pertolongan Allah semata perjalanan ke Haram terasa tidak berat.

Sesampai di Haram, di halaman sudah berkumpul beribu-ribu orang yang menunggu waktu keberangkatan ke Mina. Kami memilih di sekitar pintu 88 (base camp kloter kami selama di Haram) untuk beristirahat menunggu waktu keberangkatan ke Mina (sesudah Subuh). Kondisi saat itu angin bertiup kencang, lumayan dingin buat kami beristirahat di udara terbuka, apalagi buat para bapak-bapak yang sudah berpakaian ikrom, pastinya udara dingin lebih mengigit ke tulang badan. InsyaAllah semua itu tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan segala nikmat yang telah diberikan Yang Maha Kuasa kepada umatNya.

Jam 03:00

Kami melaksanakan sholat tahajud, dilanjut baca Al Quran sambil menunggu waktu Subuh tiba. Sebelum subuh urusan ke toilet sudah diselesaikan karena sehabis subuh langsung bersiap-siap berangkat ke Mina.

Jam 06:00

Bismillahirohmanirrohim, kami berangkat tanazul (dengan berjalan kaki) menuju Mina. Lautan manusia berbondong-bondong menuju arah yang sama. Kloter kami terbagi 2 saat itu, ada yang ikut tanazul dan ada juga yang naik bus.

Kira-kira sejam kami berjalan, kami sempat beristirahat selama 15 menit. Sungguh nikmat berbagi bekal sesama rombongan tanazul. Sungguh nikmat mana lagi yang harus kami dustakan ?

istirahat dalam perjalanan ke Mina

kami dalam perjalanan ke Mina

rombongan bapak-bapakrombongan ibu-ibu

Jam 08:30

Alhamdulillah sampai di Mina, kami bertemu dengan rombongan yang naik bus, tenda kami ada di sebelah terowongan Mina, kurang lebih 2 km dari tempat melempar jumroh. Sungguh Allah Maha Adil, maktab kami yang lumayan jauh dari Haram, di Mina kami dimudahkan tenda kami dekat ke tempat lempar jumroh. Allahu Akbar.

Di Mina, kami istirahat dan mempergunakan waktu sebaik-baiknya untuk ibadah, dan menyiapkan diri untuk ke Arafah keesokan harinya.

Tenda-tenda di Mina

tenda-tenda di Mina toilet di Mina

Di Mina, kloter kami mendapat 3 tenda, 1 tenda besar untuk perempuan, 2 tenda agak kecil untuk laki-laki. Toilet yang konon selalu dikabarkan antri panjang, jorok dll … memang benar adanya. Hanya dengan kesabaran dan keihlasan bisa melewati semua itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s