Mina-Arafah-Muzdalifah

Minggu, 7 Desember 2008 (9 Dzulhijah)

Jam 03:00

Setelah sholat tahajud, ada musabaqoh dari Aa Gym sebelum berangkat ke Arafah. Selalu diingatkan apa tujuan haji kami,  apa yang harus kami lakukan, taubat taubat taubat … dzikir tadmid takbir …..

Sebelum Subuh kami sudah meninggalkan tenda lagi, dan sebelum masuk ke daerah Mina kami melakukan sholat Subuh di tepi jalan di perbatasan Mina – Muzdalifah. Kemudian kami melanjutkan perjalanan lagi. Perjalanan dari Mina ke Arafah lebih jauh dibandingkan perjalanan dari Haram ke Mina. Melewati padang pasir … jalan raya yang sudah penuh dengan lautan manusia. Di pinggir-pinggir jalan tersedia kran air yang siap diminum, juga toilet-toilet yang (selalu) penuh antrian manusia.

Perjalanan memang terasa lebih panjang, tetapi insyaAllah dengan selalu mengucap dzikir akan terasa lebih ringan. Buat kami, kurma satuan dalam plastic adalah bekal yang harus selalu kami bawa selama perjalanan (dan juga selama ibadah di tanah suci), bekal yang sangat mujarab buat tenaga kita. Haji salah satunya adalah ibadah fisik.

lautan manusia bertanazul Mina-Arafahlautan manusia bertanazul Mina-Arafah
perjalanan Mina-Arafahistirahat dalam perjalanan Mina-Arafah

Perjalanan dari Mina ke Arafah sempat 2x istirahat. Bersama rekan 1 perjalanan, kami mempergunakan istirahat dengan sebaik-baiknya, saling menguatkan dan mengingatkan akan tujuan perjalanan kami ini (Mba Hesti, jazakumullah khoiron katsiran atas semuanya selama perjalanan yang penuh nikmat Allah kemaren itu ya).

Alhamdulillah, jam 9 kami sampai di tenda kami di Arafah, disambut oleh teman-teman kami yang sudah duluan datang memakai bus. Sungguh rasa persaudaraan yang begitu kental terasa disini, kami disambut dengan tulus seperti saudara yang baru datang dari perjalanan yang jauh.

Sebelum masuk ke waktu wukuf, kami manfaatkan untuk beristirahat, makan dan menyelesaikan urusan ke toilet.

tenda-tenda di Arafahtoilet-toilet di Arafah
Antrian makan di ArafahMendengarkan khutbah Arafah


Jam 11:30
dimulai kutbah Arafah. Sungguh air mata ini tidak berhenti mengalir, mendengar tausiyah dari Aa Gym, berasa banyak dosa-dosa kami, betapa besar dosa-dosa yang telah kami lakukan, ya Allah, ampuni semua dosa-dosa kami.

(selengkapnya khutbah Arafah bisa dilihat disini : http://www.dtjakart a.or.id/content/ view/355/ 33/)

Waktu wukuf jam 12:00 – 17:00 WAS. Saya berdua dengan suami mencari tempat untuk bermunajad kepada Yang Maha Kuasa. Kami sempat telp ke orang tua, anak-anak kami, kakak-kakak dan adik-adik kami untuk meminta maaf atas segala salah kata dan perbuatan. Sungguh air mata ini tidak berhenti mengalir, apalagi waktu menelpon orangtua dan anak-anak kami. Rasanya waktu wukuf begitu cepatnya, tiada detik kami gunakan untuk memohon segala ampunan Yang Maha Kuasa.

Jam 17:00 ditutup doa kembali oleh Aa Gym dan kami saling memaafkan satu sama lain.

Jam 17:30 kami bersiap berangkat ke Muzdalifah untuk bermalam disana.

Perjalanan ke Muzdalifah ini perjalanan yang terberat, karena lautan manusia di saat yang bersamaan bergerak bersamaan menuju ke Muzdalifah. Ada saat dimana kami benar-benar berimpit-impitan hanya bisa memegang hahu teman kita serombongan agar tidak terpisah dari rombongan kami. Pekik Allahu Akbar tak henti-hentinya kami ucapkan, saat kami benar-benar terjepit di antara lautan manusia, terdorong ke samping, ke depan. Saya berusaha tidak melepaskan gandengan suami, sungguh perjuangan untuk bisa melepaskan diri dari himpitan lautan tsb. Alhamdulillah dengan pertolongan Allah semata kami bisa melewati perjalanan tsb, sampai di Muzdalifah yang sudah penuh lautan manusia juga untuk bermalam disana. Alhamdulillah akhirnya rombongan kami menemukan tempat untuk beristirahat.

Jangan ditanya bagaimana rupa pakaian kami, warna putih sudah berubah ke coklatan, tidak ada artinya semua itu dengan semua nikmat yang kami dapatkan.

Sungguh, tidur (bisa dibilang tidur-tidur ayam) berlangitkan Bintang-bintang di atas kami, nikmat mana lagi yang mesti kami dustakan ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s