Kendaraan ke/dari Maktab-Haram

3 Desember 2008

Jam 04:00 dini hari kami berangkat ke Haram dari maktab Rusaifah dengan naik ondong-ondong. Ini istilah taxi/mobil borongan yang setiap musim haji banyak dijumpai di Mekah. Haji tahun 2008/2008 pemondokan haji untuk jamaah Indonesia memang lebih banyak di luar Ring I (lebih dari 2 km). Rusaifah tempat maktab kami berada 6-7 km dari Haram.

Teman kami yang beda kloter bahkan ada yang jaraknya sampai 16km dari Haram.

Tentang Kendaraan di Haram

Kloter kami termasuk kloter terakhir, waktu sampai di tanah suci, tanah suci sudah penuh dengan lautan manusia. Tahun 2008, pemondokan haji untuk jamaah Indonesia tidak berada di Ring I (paling jauh kira-kira 2 km dari Masjidil haram) seperti tahun-tahun sebelumnya, karena tahun ini pemerintah Saudi melaksanakan pelebaran Haram sehingga hotel-hotel sekitar Haram banyak yang dibongkar.

Pembangunan ini berimpas ke harga hotel dan pondokan di sekitar Haram menjadi lebih mahal, dan besarnya jamaah Indonesia membuat akhirnya pondokan maktab jamaah Indonesia ada yang jaraknya lebih 15 km dari Masjidil Haram.

Resiko jauhnya maktab dengan Haram, pemerintah mengembalikan sejumlah uang transportasi kepada jamaah yang berada di luar Ring I dan menyediakan shuttle bus (believe us, pengembalian ini tidak sebanding klo dilihat dari materinya ).

Hanya saja, dengan ratusan ribu jamaah dari Indonesia, walaupun tiap daerah maktab sudah ada shuttle busnya masing-masing tentu saja hal ini tidak sebanding dengan jumlah jamaah yang akan diangkut.

Shutle bus dari masing-masing daerah ini berbeda untuk setiap tujuan, misal maktab kami di Rusaifah mendapat jatah bus no 09. Bus-bus dari seluruh penjuru maktab ini akan bermuara di 1 tempat seperti terminal yang jaraknya kurang lebih 2 km dari Haram. Dari terminal ini baru semua jamaah boleh bebas menggunakan bus sesuai antrian yang semuanya menuju ke Haram.

Kami sejak sampai sampai selesai hajian belum merasakan naik shuttle bus ini, karena bus selalu penuh. Sebagai gantinya kami naik taxi atau mobil omprengan bersama-sama dengan teman 1 rombongan. Taxi atau mobil omprengan ini kala itu terkenal dengan sebutan ondong-0ndong.

Tarif ondong2 ini beragam, bisa paling murah 1 real per kepala, atau pernah juga kami mengalami sampai 20 real per kepala sekali jalan.

Ada 1 kejadian yang membuat miris hati kami, sehabis hajian, selesai sholat Isya kami mencoba naik shuttle bus menuju maktab kami. Dari Haram kami menuju titik perhentian bus ini, begitu sampai kami melihat ribuan jamaah Indonesia yang sudah menunggu bus juga, dan saat itu bus jarang lewatnya. Akhirnya setiap bus datang, ratusan orang berebut untuk naik bus duluan. Suasananya melebihi suasana terminal PuloGadung saat lebaran :((

Rasanya hati ini tersayat-sayat, sampai menangis melihat jamaah yang sudah sepuh-sepuh harus berebut bus seperti itu (duh, menulisnya ini sudah mau nangis lagi). Rasanya tidak adil kalau pemerintah beralasan harga pemondokan yang semakin mahal di dekat Haram dan membuat maktab-maktab jauh dari Haram. Sungguh rasa sedih, prihatin dan gemas melihat suasana seperti itu :(. Gemas dengan pemerintahan yang sepertinya tidak well prepare dengan kondisi maktab yang jauh itu.

Tapi, subhanallah, kalau waktu berkesempatan naik bus, dan ngobrol dengan jamaah yang lain yang berasal dari lain daerah, melihat ketulusan dan keihklasan mereka dengan semua kondisi itu (sepertinya ‘doktrin’ haji adalah ibadah yang harus ihklas tulus) benar-benar melekat di hati mereka. Allahu Akbar.

Semua beralasan harus sabar, sabar menghadapi semua kondisi itu, karena inti ibadah haji adalah kesabaran. Mhmm apakah memang harus beralasan seperti itu ?

InsyaAllah kami ikhlas dan memang harus ikhlas dengan kondisi yang serba harus dipermaklumin seperti itu. Kami hanya berharap ke depannya, pelayanan yang diberikan lebih baik lagi. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s